Thursday, May 26, 2011

Menikmati Eksotisme Pantai Di Ambon dan Pulau Saparua

Daerah timur Indonesia memang kaya akan pantai-pantai cantik, kalau Thailand punya Phi-Phi Island, Vietnam punya Mue Ni Beach maka kita punya Pantai Natsepa, Pintu Kota di Ambon, Pantai Porto, Pantai Sirsaoni, Pantai Itawaka, Pantai Waisisil di Pulau Saparua yang tidak kalah dengan pantai-pantai negara tetangga.
Di Kota Ambon maupun Pulau Saparua memang menyimpan banyak tempat menarik untuk di eksplorasi, Saya berkesempatan untuk mengunjunginya di penghujung tahun 2008, karena keindahannya itulah maka pantai-pantai tersebut sulit untuk dilupakan.
Kita mulai dari pantai-pantai di kota Ambon yuk :

● Pantai Natsepa
Pantai berpasir putih ini terletak di desa Suli, kecamatan Salahutu Maluku tengah, dari pusat kota Ambon, kita bisa naik oto (angkutan umum) jurusan suli untuk menuju Pantai dan sepanjang perjalanan kita akan ditemani lagu-lagu Pop Ambon yang paling saya suka lagunya 9 Matahari (kumpulan penyanyi dari Ambon diantaranya Naruwe dan Gilberth Patiruhu) judulnya “Pulang” . Pantai Natsepa ini sudah menjadi objek wisata yang komersil, terbukti dari dikenakannya biaya masuk dan adanya tenda makanan warna-warni disepanjang pantai yang menjual cemilan. Cemilan terkenal di Pantai Natsepa adalah rujak, hampir semua warung di pinggir pantai menjajakannya, keistimewaan rujak ini adalah memakai pala, gula aren, dan kacang yang banyak, jadi pedas, manis dan kriuk-kriuk gurih, kalau kepedesan, kita tinggal beli es kelapa muda yang bisa dicampur sirup dan susu.



● Pintu Kota
Adalah Salah satu dari sekian banyak tempat wisata yang sering dikunjungi di Ambon, lokasi obyek wisata Pintu Kota terletak di Desa Air Louw dan berbatasan langsung dengan Desa Seri, Kecamatan Nusaniwe, Ambon. Yang disebut dengan Pintu Kota ini berupa batuan karang besar yang terletak di pesisir pantai dengan bagian tengahnya kosong seperti pintu dan berhadapan langsung dengan Laut Banda yang luas. Pantai ini tidak cocok untuk berenang maupun berjemur karena kontur pantainya yang berbatu dan lebih lembap.


● Batu Capeu
pantai Batu Capeu yang terletak sekitar 4 km dari teluk Ambon, bagian dari pantai dan taman laut yang indah, dan yang istimewanya kita bisa menemukan batu karang berbentuk topi, meski sekarang bentuknya semakin menyusut karena kikisan ombak.


● Karang Panjang
Sebetulnya Karang Panjang adalah daerah bukit tapi dari sini kita bisa melihat Teluk Ambon beserta kotanya dengan jelas, selain itu terdapat Monumen Pahlawan Nasional perempuan dari Ambon Martha Christina Tijahahu, bagi mereka yang menyukai fotografi lanskap, daerah Karang Panjang ini jangan sampai dilewatkan.



● Pulau Saparua
Pulau Saparua merupakan bagian dari kepulauan Lease bersama-sama dengan Pulau Haruku dan Pulau Nusa Laut. Dari Ambon, kita bisa naik speedboat dari Pelabuhan Tulehu dengan perjalanan sekitar 1 – 2 jam tergantung kondisi gelombangnya. Pulau yang menjadi tempat lahirnya pahlawan Pattimura ini memiliki pantai yang indah diantaranya yang sempat saya kunjungi :
Pantai Waisisil didekat pantai Waisisil ini terdapat Benteng Duurstede yang dibangun Belanda pada tahun 1676 untuk menghadapi serangan Portugis

● Pantai Waisisil dan Benteng Duurstede




Pantai Porto, Pantai Sirsaoni dan Pantai Itawaka, semua pantai ini memiliki hamparan pasir putih dengan pantai jernih yang indah, dengan gradasi warna air biru, kemudian, toska dan hijau. Pantai-pantai ini tidak komersil dan relatif belum terjamah, matahari yang cukup terik juga tidak membuat kita kehilangan semangat untuk mengagumi pemandangan luar biasa ini sepuas-puasnya sembari meresapi sejuknya angin laut yang membelai rambut.

● Pantai Porto




● Pantai Sirsaoni




● Pantai Itawaka



Ada rasa heran, kenapa pantai-pantai di Pulau Saparua ini tidak terlalu terdengar di telinga traveler layaknya Pantai Natsepa dan Pintu Kota yang sering dipromosikan lewat acara Sail Banda hingga ketingkat Internasional. Pedahal pantai-pantai di Pulau Saparua memiliki pemandangan menakjubkan.
Jika dikelola dan difasilitasi sarana penunjang pariwisata yang baik pasti akan mampu mempromosikan Indonesia khususnya Maluku ke khalayak Internasional.

No comments:

Post a Comment