Tuesday, July 21, 2009

MANAJEMEN PEMASARAN STRATEGIK CV PUTRA MANDIRI

GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN


CV. Putra Mandiri yang berdiri sejak tanggal 1 Juli 2003 dan berkedudukan di Kabupaten Tasikmalaya dan untuk pertama kalinya berkantor di Kampung Sinagar Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya, merupakan sebuah Perseroan Komanditer yang bergerak di bidang Perdagangan Umum, Suplier dan khususnya Pertambangan Pasir.
Letak Desa Sinagar yang berada tepat di bawah kaki Gunung Galunggung memberikan nilai strategis bagi CV Putra Mandiri sebagai perusahaan penghasil pasir dengan kualitas terbaik se-wilayah Priangan Timur. Sebab sebagaimana telah diketahui bahwa pada tahun 1982 Gunung Galunggung meletus dan memuntahkan milyaran kubik material gunung api seperti lava, batu andesit dan tentu saja pasir. Sebaran endapan pasir tersebut menutupi hampir seluruh desa yang berada di bawah kaki Gunung Galunggung, terutama Desa Linggajati dan Desa Sinagar. CV Putra Mandiri yang menguasai sekitar 41,25 Ha tanah yang dulunya menjadi daerah aliran lava, tentu saja menjadi pemilik dari kantong-kantong utama daerah endapan material vulkanik dan tentu saja pasir vulkanik.

VISI DAN MISI PERUSAHAAN

Visi
- Mengembangkan dan serta meningkatkan profesionalitas dan efisiensi dalam mengelola sumber daya alam yang ada dengan metode perencanaan dan pengelolaan yang berbasis pada konsep pelaksanaan yang berwawasan lingkungan. Dengan tetap menjunjung tinggi aspek hukum, keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

Misi
- Membantu program pemerintah dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dan pengembangan daerah khususnya sektor perluasan lapangan kerja untuk mengantisipasi masalah pengangguran dan pemerataan usaha yang pada akhirnya akan menjadi motor penggerak dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

LEGALITAS PERUSAHAAN

CV Putra Mandiri berdiri sejak tanggal 1 Juli 2003

Akte Notaris : Hairidah, SH. No. 01 Juli 2003
NPWP : 02.166.348.9-425.000
SIUP : 503/0920/PK/IX/2006
TDP : 101435201072
SITU : 503/SK/446/PM/2006
IUP : 545/Kep.29/Distamben/2006
Ijin Dispensasi Penggunaan Alat Berat dan atau Alat Mekanik
: 540/Kep.21/Distamben/2007

POTENSI PERUSAHAAN

Saat ini bidang usaha yang digeluti oleh CV Putra Mandiri terbagi menjadi 4 (empat) divisi, yaitu :
I. Pertambangan Pasir
II. Pemotongan Batu
III. Perkebunan
IV. Penggergajian Kayu (Saw Mill)

I. Pertambangan Pasir

Berdasarkan hasil Pemetaan dan Penyelidikan Pendugaan Geolistrik Endapan Bahan Galian Pasir yang dilakukan oleh Laboratorium Perencanaan dan Simulasi Tambang Universitas Islam Bandung pada tahun 2004, diperoleh data bahwa posisi lokasi penambangan pasir milik CV Putra Mandiri berada pada ketinggian 626 m dpl, dengan sudut kemiringan lahan (elevasi) 648-666 m dpl. Pasir tambang berada pada kedalaman 5-44 meter dari permukaan tanah dengan ketebalan rata-rata deposit pasir sekitar 20-46 meter.

A. Luas Areal Tambang
Areal tambang CV Putra Mandiri dibagi menjadi 3 (tiga) wilayah, yaitu :
1. Wilayah yang telah ditambang seluas 302.500 m2 atau 30,25 Ha
2. Wilayah yang pernah ditambang secara manual dan masih memungkinkan untuk
ditambang kembali seluas 30.000 m2 atau 3 Ha
3. Wilayah yang belum ditambang yang terbagi menjadi dua lokasi terpisah dengan
luas masing-masing 2 Ha dan 6 Ha.
Sehingga luas total areal tambang adalah 41,25 Ha.

B. Cadangan Deposit Pasir
Jumlah cadangan yang didapat dari lapangan terbagi menjadi 2 wilayah yaitu (1) area bekas tambang yang dapat ditambang kembali dengan jumlah cadangan sebesar 1.128.625 m3, (2) area yang belum ditambang dengan jumlah cadangan sebesar 2.616.625 m3. Sehingga diperkirakan jumlah total cadangan deposit dari 11 Ha areal pertambangan tersebut adalah sebesar 3.745.250 m3.

C. Produktivitas Penambangan
• Produksi Secara Mekanis
Dengan semua sumber daya yang ada produksi di CV Putra Mandiri dapat ditingkatkan, sehingga mencapai tingkat produksi maksimumnya sebesar 5.759,64 m3/hari. Dengan rincian kerja sebagai berikut :
Perhitungan kemampuan sebenarnya 1 (satu) buah backhoe
- Kapasitas Bucket Nyata di lapangan = 0,8 m3
- Waktu edar Backhoe = 0,4 menit
- Maka produksi 1 backhoe = 0,8 m3/0,45 menit
= 1,77 m3/menit
= 2,28 x 60
= 106,66 m3/jam
- Jam kerja yang ada saat ini = 18 jam / hari
Jika efisiensi kerja diasumsikan sebesar 75%, maka produksi 1 unit Backhoe perhari adalah sebesar 106,66 m3/jam x 18 jam/hari x 75% diperoleh hasil sebesar
= 1.599,99 m3/hari

Dengan menggunakan 4 backhoe yang ada maka kapasitas produksi harian backhoe sebesar 1.439,91 m3/hari x 4 unit = 6.399,36 m3/hari.

• Produksi Secara Manual
Pegawai penambang manual berjumlah 150 orang. Dengan kapasitas produksi maksimal per orang dalam satu hari sebesar 3 m3/hari. Jadi kapasitas maksimal produksi tambang secara manual adalah :
- 150 orang x m3/hari = 450 m3/hari

Jadi total produksi penambangan pasir CV Putra Mandiri :
= Total Produksi Mekanis + Total Produksi Manual
= 6.399,36 m3/hari + 450 m3/hari
= ± 6.849,36 m3/hari
(Data dan perhitungan berdasarkan hasil Pemetaan dan Penyelidikan Pendugaan Geolistrik Endapan Bahan Galian Pasir yang dilakukan oleh Laboratorium Perencanaan dan Simulasi Tambang Universitas Islam Bandung pada tahun 2004)

D. Produk
Produk yang menjadi komoditas utama CV Putra Mandiri adalah Pasir Galunggung yang secara ilmiah berdasarkan uji laboratorium telah terbukti sangat baik digunakan sebagai bahan campuran untuk pekerjaan-pekerjaan seperti pengecoran, pengaspalan, pembangunan, serta sebagai media untuk tumbuh kembangnya rumput di lapangan golf.
Sampai saat ini produk pasir yang dihasilkan oleh CV Putra Mandiri ada 3 jenis, yaitu :

1. Pasir Jenis 02
Pasir lolos saringan 2 mm
Yang banyak digunakan untuk : Media tumbuh rumput lapangan golf
Harga : Rp. 81.000,-/m3 (harga di lokasi)


2. Pasir Jenis 04
Pasir lolos saringan 4 mm
Yang banyak digunakan untuk campuran beton untuk pembuatan bangunan, tiang pancang, dan sebagainya
Harga : Rp. 69.000,- / m3 (harga di lokasi)

3. Pasir Jenis 08
Pasir lolos saringan 8 mm
- Pasir 08 Backhoe
yang banyak digunakan untuk campuran beton bangunan dan sebagainya.
Harga : Rp. 50.000,-/m3 (harga di lokasi)
- Pasir 08 Manual
Yang banyak digunakan untuk campuran beton bangunan dan sebagainya.
Harga : Rp. 57.000,-/m3 (harga di lokasi)

SISTEM PENAMBANGAN

Secara umum sistem penambangan yang dapat diterapkan sangat tergantung kepada variabel berikut ini :
- Besar cadangan, tebal, sifat fisik, dan mekanik tanah penutup
- Bentuk (geometri), kondisi geologi, struktur dan sifat fisik atau mekanik
sumberdaya
- Kondisi hidrogeologi
- Jalan masuk dan fasilitas keteknikan untuk penambangan
- Faktor ekonomi
- Faktor-faktor lingkungan seperti hak guna lahan, air tanah, kebisingan, dan
gangguan getaran akibat penambangan

Berdasarkan variabel tersebut diatas maka, sistem penambangan yang digunakan di CV Putra Mandiri adalah :
1. Penambangan cara konvensional / tradisional
Sistem penambangan yang menggunakan alat-alat sederhana seperti cangkul, linggis, belincong, sekop dan ember
2. Semi Mekanis
Sistem penambangan pada areal yang mempunyai lapisan tanah penutup yang relatif lunak dan ketebalan relatif tipis dilakukan dengan menggabungkan alat mk
3. Mekanis
Sistem ini digunakan pada areal tambang yang lapisan tanah penutupnya relatif keras dan memiliki ketebalan yang tinggi sehingga digunakan alat-alat berat seperti back hoe, shovel, ayakan (screen) dan pompa untuk pencucian pasir, sedangkan sebagai alat angkutnya digunakan dump truck.

SISTEM PELAYANAN / TRANSAKSI

Transaksi dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu :

1. Cara tunai
- Pembeli dapat langsung datang ke lokasi dengan membawa kendaraan pengangkut sendiri dan membayar secara tunai sesuai dengan jumlah pasir yang dibeli.
- Pasir diantar ke pembeli dengan menggunakan kendaraan pengangkut milik CV Putra Mandiri. (sementara hanya terbatas untuk daerah Tasikmalaya saja)

2. Cara Deposit
- Pembeli menyimpan sejumlah uang sebagai pembayaran di muka (down payment) untuk pengambilan sejumlah pasir sesuai dengan ketentuan yang disepakati bersama. Kemudian di awal bulan berikutnya dilakukan Contra Bon untuk menghitung jumlah kubikasi pasir yang dibeli serta untuk mengetahui besarnya kekurangan/kelebihan pembayaran. Kendaraan pengangkut dapat menggunakan kendaraan milik CV Putra Mandiri atau milik pembeli.

TEKNIS PENAMBANGAN DAN PENANGGULANGAN
DAMPAK TERHADAP LINGKUNGAN


Sistem pelaksanaan penambangan yang dilakukan oleh CV Putra Mandiri dapat digambarkan dalam 7 (tujuh) alur kerja sebagai berikut :

1. Pembersihan area kerja (Land Clearing)
Membersihkan daerah yang akan ditambang dari semak-semak, pepohonan, dan tanah maupun bongkahan batu yang menghalangi penambangan. Tanah pucuk yang subur (humus) ditimbun ditempat tertentu lalu ditanami rerumputan atau semak untuk mengurangi erosi, yang nantinya akan digunakan untuk reklamasi lahan bekas tambang.

2. Penggalian (Diging)
Kegiatan pengambilan endapan bahan galian pasir.
3. Pengayakan (Screening)
Pasir setelah digali dimasukkan ke dalam ayakan untuk memperoleh pasir dengan ukuran yang diinginkan.

4. Pencucian (Washing)
Pekerjaan untuk memisahkan pasir dari unsur-unsur pengotornya sehingga menghasilkan kualitas dan mutu pasir yang lebih baik

5. Pemuatan (Loading)
Pekerjaan yang dilakukan untuk mengambil dan memuat pasir ke dalam alat angkut atau ke tempat penampungan pasir sementara (stock yard) dengan menggunakan alat berat seperti Backhoe atau Loader

6. Pengangkutan (Hauling)
Pekerjaan mengangkut pasir dari tempat penampungan sementara (stock yard) ke tempat penampungan utama (stock pile) untuk selanjutnya diantar ke konsumen atau diambil oleh mobil konsumen.

Salah satu dampak yang tidak bisa dihindari dari aktivitas pertambangan adalah timbulnya dampak negatif terhadap lingkungan. Dampak lingkungan yang terjadi antara lain erosi tanah, penurunan kualitas air, dan udara.
Untuk mengantisipasi dampak negatif tersebut, CV Putra Mandiri melakukan tindakan penanggulangan sebagai berikut :

1. Erosi Tanah
Lahan yang telah ditambang diremajakan/direhabilitasi kembali kondisi tanahnya dengan cara menutup lapisan permukaannya dengan menggunakan tanah pucuk yang subur (humus), kemudian ditanami dengan tumbuhan yang berbatang keras seperti pohon Albasia, Mahoni, Jati dan lain-lainnya. Bahkan hampir sebagian besar lahan bekas galian, diolah kembali untuk kemudian difungsikan sebagai lahan persawahan.
Selain untuk mengamankan kemantapan lereng, rehabilitasi juga dilakukan untuk mengatur jatuhnya aliran air agar air dapat mengalir secara alamiah sehingga sedapat mungkin mengurangi proses erosi. Selain itu juga sedapat mungkin memperbaiki bentang alamnya agar estetika lingkungannya menjadi lebih baik.

2. Limbah Air
Penanganan masalah limbah air hasil pencucian pasir sudah dilaksakan sesuai dengan petunjuk teknis yang diperoleh dari Dinas Pertambangan dan Energi yaitu dengan membuat kolam-kolam penampungan air limbah (Tailing Pond) dengan maksud mengendapkan partikel padat yang terbawa oleh air sebelum air tersebut sampai ke badan perairan umum (masyarakat).
Bentuk kolam berupa empat persegi panjang (lihat gambar) dengan 4 (empat) zona penting yang terbentuk karena proses pengendapan material padatan (solid particle).

4 zona penting tersebut adalah :
1. Zona Masukan
Tempat air lumpur masuk ke dalam kolam pengendapan dengan asumsi pencampuran air dan padatan terdistribusi secara seragam.
2. Zona Pengendapan
Tempat partikel padatan akan mengendap
3. Zona Endapan Lumpur
Tempat partikel dalam cairan (lumpur) mengalami pengendapan (terpisah dari cairan) dan terkumpul di dasar kolam pengendapan.
4. Zona Keluaran
Tempat keluarnya air yang telah bersih dari partikel-partikel padatan (jernih)

3. Polusi Udara
Sehubungan dengan banyaknya alat berat dan kendaraan pengangkut pasir yang beroperasi di areal penambangan, tentu saja asap kendaraan (Karbondioksida/CO2) yang dihasilkan oleh kendaraan tersebut akan cukup banyak. Untuk mengantisipasi hal tersebut dilakukan penanaman tanaman-tanaman berbatang keras dan besar seperti Albasia, Mahoni, Jati dan lain-lainnya sebagai penghisap gas buang kendaraan sekaligus sebagai penghasil Oksigen (O2).

COMPANY SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR)

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada kehidupan sosial masyarakat, CV Putra Mandiri menyisihkan sebagian dari penghasilannya untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial kemasyarakatan. Bahkan ruang lingkupnya tidak saja terbatas pada lingkungan masyarakat sekitar perusahaan tetapi juga sampai ke luar daerah.
Bantuan-bantuan yang disalurkan oleh CV Putra Mandiri Diantaranya mencakup aspek sosial, kemanusiaan, pendidikan dan juga keagamaan. Bantuan kepada korban bencana alam seperti banjir dan gempa bumi bahkan juga kebakaran. Kemudian bekerjasama dengan pemerintahan desa setempat di lingkungan Kecamatan Sukaratu seperti pembangunan sarana fisik seperti pengurugan, pembuatan jalan, dan pembuatan saluran irigasi. Dalam bidang pendidikan CV Putra Mandiri telah mendirikan sebuah Sekolah Menengah Pertama (SMP) Gratis dua lantai yang pengelolaannya diserahkan kepada Yayasan dan Pondok Pesantren yang peserta didiknya adalah anak-anak yang berdomisili di sekitar lingkungan perusahaan. Di bidang keagamaan CV Putra Mandiri juga banyak sekali membantu pembangunan madrasah, pondok pesantren dan masjid. Dan kegiatan tahunan yang terus dilakukan hingga saat ini adalah pelaksanaan Sunatan Massal yang digelar atas prakarsa dan biaya dari perusahaan.
Semua hal tersebut dilakukan atas dasar kesadaran bahwa perusahaan adalah bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah komunitas masyarakat yang saling terintegral dan saling mempengaruhi.

MITRA KERJA
DAN PRESTASI PERUSAHAAN


a. Mitra Kerja/Rekanan Perusahaan
Selama ± 6 tahun semenjak pendiriannya CV Putra Mandiri telah menjalin kerjasama yang sangat baik dengan beberapa mitra kerja / rekanan perusahaan baik itu yang berdomisili di Tasikmalaya ataupun di luar Tasikmalaya, seperti :
1. PT Perdana Utama (PU) Jakarta
2. PT T.F.T Tasikmalaya
3. PT Persada Nugraha Ilahi (PNI) Tasikmalaya
4. PT Mekar Putra Bandung
5. PT Indocement Panca Persada Raya Buana Jakarta
6. PT A.N Tasikmalaya
7. PT Torsina Redikon Bandung
8. CV KWN Tasikmalaya
9. CV Barokah Tasikmalaya
10. CV Tidini Prima Bandung
11. CV Bandung Raya Material (BRM) Bandung
12. CV O.N Garut

Proyek yang pernah menggunakan pasir galunggung sebagai bahan kerjanya adalah proyek Pembangunan Ruas Jalan Tol Cipularang, Ruas Jalan Tol Pasopati Bandung, dan lapangan-lapangan golf di seputaran Jabodetabek. Hampir seluruh kebutuhan pasirnya menggunakan Pasir Galunggung yang disuplai oleh CV Putra Mandiri.

b. Prestasi dan Penghargaan
Beberapa penghargaan dari Pemerintah yang pernah diterima oleh CV Putra Mandiri adalah :
1. Piagam KALPATARU sebagai Pengusaha Terbaik Tingkat Kabupaten Tasikmalaya dengan jumlah karyawan : 350 orang.
2. Penghargaan di Bidang Lingkungan Hidup Tingkat Kabupaten Tahun 2004 sebagai Perintis Lingkungan Hidup
3. Penghargaan Bupati Tasikmalaya Tahun 2008 dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya sebagai Pengusaha Taat Pembayar Pajak Galian C.


Marketing Mix Perusahaan CV. Putra Mandiri

a. Product Marketing Mix yang 4P’s setelah diimplementasikan. mayoritas pelanggan menginginkan pasir berukuran 06 yang halus, masih hitam pekat, tidak kering. Karena sudah diketahui bahwa market menyukai produk pasir seperti itu, maka product tersebut didesign sedapat mungkin memenuhi ekspektasi konsumen. Sehingga majoritas keinginan / mindset konsumen terpenuhi. Product pasir cv. putra mandiri dari galunggung tidak hanya mutunya bagus saja, specnya oke tapi juga mencakup after sales servicenya yang top, sistem pembeliannya oke (bisa memakai leasing), delivery cepat 24 jam. bisa dengan down payment

b.Price Yang penting… untuk penetrasi pasar, karena menjaga kualitas barang bagus.. harga juga tidak terlalu tinggi… harga bisa masuk ke dalam quadrant penetration, dengan cara efisien untuk nekan cost production, termasuk transportasi. Ada nya target costing. Intinya pada point ini adalah… setelah kualitasnya bagus… harganya terjangkau… !!!

c.Place
Place yaitu bagaimana membuat channel distribution yang oke…!!! Bagian ini tinggal bisa nyari datanya.. dari jenis pasir yang banyak terjual.. untuk keperluan apa saja, perumahan, proyek pembangunan jalan hingga kontraktor mana saja. Jangan terlampau banyak rantai distribusi. Karena tidak efisien.. malah ngerogoti cost. yang tidak kompetitif…!!! Bisa juga dibagi khusus untuk distribusi di Tasikmalaya misalnya, kalau cash langsung ditangani oleh pabrikan, langsung diantar… ini mirip Service Level Agreeement…!!!

d.Promotion
Sebenernya ini pelengkap…!!! Karena jika productnya sudah baik, harganya terjangkau, channel distribusinya baik, tidak dipromosikan juga sudah langsung melejit. Tidak perlu memenangkan tender, banyak proyek yang langsung menghampiri. Tapi untuk sebagai promosi.. jangan sampai membebani.. . cost, memilih blog sebagai sarana promosi, social net working seperti facebook, dan twitter, forum yang murah meriah, perusahaan bisa meluangkan waktu membuat user id, dan posting mengenai product itu…!!! cost nya juga kecil.


Characteristic of market driven bagi CV. Putra Mandiri


Ketatnya persaingan dalam penambangan pasir saat ini, meskipun sekarang memiliki lahan tambang pasir yang cukup besar di Gunung Galunggung, mengharuskan CV. Putra Mandiri untuk menyusun strategi guna mengalokasikan sumberdaya secara optimal dalam upaya mempertahankan eksistensinya. Dalam lima tahun terakhir, Penjualan pasir mengalami progess yang cukup signifikan.

Dalam hal ini, CV. Putra Mandiri dituntut lebih memfokuskan kekuatan
sumberdayanya dengan berorientasi pada pasar (market driven oriented) atau kebutuhan pelanggan. Dengan menggunakan pendekatan lain guna mempertahankan posisi yang cukup kuat, perusahaan dituntut lebih memahami pasar dengan tepat dalam konsep industry foresight, mengingat selalu ada perubahan tren kebutuhan pasar dan faktor-faktor eksternal lainnya yang menyebabkan berbagai ketidakpastian dan turbulensi dalam pengembangan usaha.

Bertolak dari uraian diatas, maka perusahaan menyadari (1) bagaimana kondisi lingkungan internal perusahaan saat ini, dan lingkungan bisnis pasir di Indonesia?; (2) bagaimana tinjauan indikator industry foresight bisnis pasir di Indonesia, serta posisi relatif CV. Putra Mandiri terhadap indikator industri bisnis pasir di masa depan?; (3) bagaimana rumusan strategi pengembangan (architecture strategy) CV. Putra Mandiri yang fokus pada kompetensi inti dan berorientasi pasar, terkait dengan kajian industry foresight bisnis pasir di Indonesia?.

Untuk menjawab permasalahan tersebut, dimulai dengan menganalisis kondisi internal CV. Putra Mandiri saat ini meliputi visi dan misi, struktur organisasi, serta kompetensi inti yang dimiliki CV. Putra Mandiri.

Selanjutnya, analisis lingkungan industri didekati dengan beberapa metode antara lain (1) PEST; (2) Five Forces of Porter untuk mengetahui intensitas persaingan industri bisnis pasir; (3) analisis industri dalam aspek struktur, perilaku maupun kinerja industri bisnis pasir di Indonesia.

Kemudian, analisis lingkungan internal maupun lingkungan industri dihasilkan faktor-faktor strategik berupa kekuatan dan kelemahan maupun peluang dan ancaman, yang selanjutnya dituangkan ke dalam matriks SWOT guna merumuskan alternatif strategi pengembangan CV. Putra Mandiri yang sejalan dengan industry foresight bisnis pasir di Indonesia.
Alternatif strategi tersebut selanjutnya dipetakan ke dalam arsitektur strategik berikut dinyatakan kompetensi inti yang harus dimiliki, corporate challenge yang harus dihadapi, serta program kerja yang harus dijalankan CV. Putra Mandiri dalam rangka mewujudkan industry foresightnya.

Strategik untuk memenuhi components of market orientation

Elemen pertama dari sales platform adalah market. Pemahaman terhadap pasar merupakan upaya pertama yang akan menentukan bagaimana organisasi penjualan akan didisain atau bagaimana tenaga penjualan dikelola. Bagaimana mungkin Anda bisa menjual secara efektif kalau Anda tidak tahu karakteristik dan perilaku pasar/pelanggan yang dibidik.
– Hermawan Kertajaya –


Market CV Putra Mandiri = Konsumen yang membutuhkan pasir untuk beragam jenis proyek
Penjual = CV. Putra Mandiri dan seluruh komponen supplier
Pasar/Pelanggan yang Dibidik = Para Kontraktor, Perumahan, pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, lapangan golf, dan lain sebagainya
Banyak organisasi penjualan yang menggunakan pendekatan yang lebih bersifat product-driven, dimana strategi penjualan lebih difokuskan ke produknya tanpa tahu apa maunya pasar dan bagaimana perilakunya. Namun dalam model ini kami percaya bahwa pendekatan penjualan haruslah bersifat market-driven dimana simpul dari keseluruhan strategi penjualan haruslah berawal dari apa yang terjadi di pasar.
Ini berarti bahwa pasar akan menentukan format organisasi penjualan; pasar akan menentukan proses penjualan yang dijalankan; pasar menentukan pengembangan kompetensi tenaga penjualan; pasar menentukan key performance measure yang akan digunakan.
Dalam merancang program yang akan dijalankan oleh CV. Putra Mandiri, terlalu berorientasi pada konsepsi program di atas kertas, tanpa mengamati dan melakukan analisa terhadap dinamika dunia bisnis pasir di Indonesia, hanya akan membawa program yang kita buat menjadi tidak “laku”.
Tapi bukan berarti bahwa kita harus ikut dan tunduk pada trend “pasar”. Ketika trend yang terjadi di “pasar” adalah jualan pasir semata misalnya –CV. Putra Mandiri harus mampu tampil sebagai penyelenggara program jasa yang lain bukan menjual pasir semata, tetapi jasa yang berhubungan dengan penggunaan pasir tersebut dan harus ada sistem Quality Control yang juga baik untuk program tersebut. Dan tentu, sebelum ia diadakan mestilah ada Need Analysis agar apa yang dibuat benar-benar tepat guna bagi parapelanggan yang ada
Jasa yang akan dibuatpun tidak boleh muncul karena alasan suka semata-mata, tetapi harus muncul dari alasan “pasar menginginkan produk tersebut”. yang nantinya di kembangkan di bawah naungan CV. Putra Mandiri, selain harus taat pada jalur “Core Competence” yang hendak dikembangkan CV. Putra Mandiri juga harus berangkat dari pengamatan dan analisa yang bagus dari dinamika yang sedang terjadi di “pasar” garapan CV. Putra Mandiri.

Global bussines issue


Sebagai warga Negara global “Think Global act local” CV. Putra Mandiri harus mampu memasuki kompetisi global dalam jangka waktu ke depan, karena segala bidang bisnis akan lebih cepat dan praktis, maka dengan memanfaatkan kecanggihan e-commerce. CV Putra Mandiri bisa membuka On line Shop sehingga mampu menjangkau pasar yang lebih luas lagi, bahkan ke luar negri. Dengan membanggakan produk dari negri sendiri.

Understanding the competitor

Untuk memenangkan kompetisi di bisnis pasir, CV. Putra Mandiri harus bisa memahami dan menganalisa para kompetitornya. Dan melihat peluang yang bisa dimasuki oleh CV. Putra Mandiri, baik itu dari product, price, place dan promotion.
Serta CV. Putra Mandiri harus siap dengan sistem informasi eksekutif (EIS) yang tangguh, sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Karena CV. Putra Mandiri akan menggunakan berbagai kebutuhan mengirim data dari berbagai kebutuhan pasar sehingga direktur akan dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi yang terkini tentang produksi, kondisi pasar, pelaporan, berbagai analisa yang cerdas dan kemampuan pembuatan keputusan lainnya. proses upgrade. Kemampuan Sistem Informasi yang baik akan mengintegrasikan seluruh operasional CV. Putra Mandiri dengan seluruh proses bisnis perusahaan. Untuk mengeksekusi keputusan pasar dan juga akan mampu mendukung ekspansi CV. Putra Mandiri ke area bisnis baru.

Kesalahan yang potensial yang pernah terjadi

Mogoknya para operator di lapangan, driver kendaraan, karena factor usia dan tunjangan, tidak bisa menyesuaikan dengan jadwal kerja jika shift malam, dan tunjangan tidak cukup bagi keluarga.

Upaya perbaikan strategik


Dalam proses prekrutan SDM untuk operator di lapangan dan driver kendaraan berikutnya, memilih dari usia yang produktif, sehingga masih tetap fit dengan jadwal shift malam dan diusahakan belum berkeluarga.

3 comments:

  1. I LIKE IT,
    SALAM SUKSES BUAT CV PUTRA MANDIRI GALUNGGUNG,
    ABDUL WAHAB AMIN,

    ReplyDelete
  2. sukses buat cv PM smoga jadi lebih maju
    susanti arafah (AIS)

    ReplyDelete
  3. Terimakasih informasi Mengenai Pasir Galunggungnya, sangat Bermanfaat

    ReplyDelete