Tuesday, June 23, 2009

TENTANG MENOLONG ORANG LAIN


Anda tau siapa orang yang pernah memberi sumbangan terbesar didunia? Dia adalah Warren Buffet, pialang saham, CEO dari Berkshire Hathaway di AS, pada Juli 2006 memberikan sumbangan sebesar USD 31 miliar (sekitar Rp. 350 triliun) kepada Bill & Melinda Gates Foundation untuk membiayai pendidikan dan kesehatan masyarakat dunia, khusus di dunia ketiga. Itu tidak termasuk sumbangan yang dia berikan kepada badan sosial lainnya. Luar biasa! Tapi yang lebih luar biasa ialah setelah ia memberikan sumbangan terbesar itu ternyata tahun berikutnya Warren Buffet naik peringkat menjadi orang terkaya di dunia, bahkan melampaui Bill Gates!
Warren Buffet adalah seorang filantrofis. Filantrofi adalah tindakan seseorang menyumbangkan waktu, uang, dan tenaganya untuk menolong orang lain. Istilah ini diberikan kepada orang yang suka memberi banyak dana amal. Jika motivasinya jujur, bukan untuk menghindari pajak atau mencari popularitas, tentu tindakan ini sangat terpuji.
Menurut Abraham Maslow ada lima kebutuhan manusia yaitu kebutuhan:
(1) Fisik
(2) Rasa Aman
(3) Dikasihi
(4) Dihargai
(5) Aktualisasi diri
Kebutuhan 1-4 lebih mengarah pada diri sendiri, sedangkan kebutuhan ke-5 yang tertinggi, lebih mengarah kepada orang lain. Bagaimana pemikiran, hidup dan keberadaan kita bisa member sumbangsih positif, (menjadi berkat) kepada orang lain atau umat manusia. Sayangnya menurut Maslow, hanya 2 % manusia yang mencapai tingkat tertinggi ini.
Sebagai anak Tuhan, kita memiliki teladan agung, yang rela memberikan segalanya. So, mari kita juga rela berkorban dan mendukung pekerjaan Tuhan dan menolong serta memberkati sesama…=)

No comments:

Post a Comment